Cute Red Pencil
Jl.Manggis III No. 15 Rt.002 Rw.005 Karang Satria - Kec. Tambun Utara Bekasi Jawa Barat - Indonesia
Telp. 021-88341408 SMS/WA. 081299197348/49 Pin BB : 7f9c7418 fb :rumah bune
Pendidikan Anak Usia Dini (TKIT - KBIT - TODDLER CLASS - TPQ - Penitipan Anak/Day Care) Berbasis Islami Di Bekasi

Senin, 12 Januari 2015


MUSIM HUJAN



Hujan merupakan salah satu perkara terpenting bagi kehidupan di muka bumi. Ia merupakan sebuah prasyarat bagi kelanjutan aktivitas di suatu tempat. Hujan–yang memiliki peranan penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia–disebutkan pada beberapa ayat dalam Al-Qur’an mengenai informasi penting tentang hujan, kadar dan pengaruh-pengaruhnya.......
. Dan walau bagaimana pun hujan adalah suatu Rezeki yang diturun kan oleh Allah, maka dari itu ada doa ketika turun hujan 



Tetapi apabila musim hujan menjadi berkepanjangan maka tubuh kita akan sering di serang berbagai penyakit.

Berikut ini adalah daftar penyakit yang patut diwaspadai saat musim huja

                                                                  Pertama, Diare
 Diare mewabah di musim hujan umumnya karena air minum terkontaminasi oleh kotoran, khususnya air minum yang berasal dari tanah. Ditambah kurangnya personal hygiene atau kebersihan pribadi, maka penyakit ini akan menyebar cepat, khususnya di kalangan anak-anak.
Atasi diare dengan mencuci tangan lebih sering, minum banyak air, khususnya yang mengandung elektrolit dan merebus air minum sampai mendidih benar. Lakukan juga pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.


Kedua, Demam Berdarah
Genangan air yang tertinggal setelah hujan menjadi tempat yang menyenangkan bagi nyamuk penyebab demam berdarah untuk berkembang biak. Cegah penyebaran demam berdarah dengan membersihkan genangan air, mengubur sampah yang berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak dan membersihkan wadah air secara teratur. Segera bawa ke rumah sakit jika ada keluarga yang menderita demam berdarah.

Ketiga, Leptospirosis
Penyakit ini adalah infeksi oleh bakteri leptospira yang dibawa oleh hewan, terutama tikus. Bakteri berpindah dari tikus melalui air kencingnya dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui luka-luka kecil pada permukaan kulit. Cegah penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah, menggunakan sepatu yang aman (boots) jika harus menerjang genangan air hujan/banjir.

Keempat, Infeksi Saluran Pernafasan Akut
Radang tenggorokan, flu, batuk, pilek adalah beberapa jenis infeksi pada saluran nafas bagian atas yang disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri yang ada di udara. Atasi dengan cara beristirahat, minum obat sesuai gejala, tutup mulut saat batuk atau bersih, dan tidak meludah sembarangan.

Kelima, Penyakit Kulit
Berbagai penyakit kulit dapat timbul selama musim hujan. Ada yang disebabkan oleh infeksi bakteri, ada juga yang muncul karena alergi. Cegah munculnya penyakit ini dengan menjaga kebersihan kulit, menghindari kontak dengan penderita infeksi dan menghindari pemicu alergi.

Keenam, Penyakit Saluran Cerna
Penyakit yang juga sering muncul di saat musim penghujan adalam demam tifoid. Sama seperti diare, penyebab utama adalah kurangnya faktor kebersihan pribadi selama musim penghujan.

Mari kita hindari semua penyakit tersebut dengan meningkatkan kebersihan pribadi dan lingkungan.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar