Cute Red Pencil
Jl.Manggis III No. 15 Rt.002 Rw.005 Karang Satria - Kec. Tambun Utara Bekasi Jawa Barat - Indonesia
Telp. 021-88341408 SMS/WA. 081299197348/49 Pin BB : 7f9c7418 fb :rumah bune
Pendidikan Anak Usia Dini (TKIT - KBIT - TODDLER CLASS - TPQ - Penitipan Anak/Day Care) Berbasis Islami Di Bekasi

Rabu, 30 Oktober 2013

Air Itu ....






Ini lho ember, ini lho kran, ini lho air,nah baru tahu ya…!!!
Diobok-obok airnya diobok-obok ada ikannya kecil-kecil pada mabok Disemprot-semprot airnya disemprot-semprot kena mukaku aku jadi mandi lagi, dingin-dingin dimandiin nanti masuk angin
Mengembangkan motorik
Tidak ada pemainan air yang pasif, seringkali anak berteriak, menjerit dan berlari.karena sensasi air menimbulkan rasa dingin, takut basah, namun juga menyenangkan. Hampir seluruh tubuh bergerak, otot-otot terlatih, demikian juga organ lainnya seperti jantung dan paru-paru. Selain koordinasi fisik dan motorik anak terlatih, ketahanan fisik anak juga teruji.
Melatih keterampilan dan kemandirian
Apakah anak Bunda yang berusia 3 tahun sudah dapat menuangkan air ke gelasnya sendiri? Anak-anak senang bereksperiment dan mengembangkan kemandirian untuk menolong dirinya sendiri. Menuang air ke gelas, menyendok susu dan mengaduknya untuk membuat minumannya sendiri, memindahkan satu gelas air ke gelas lainnya berulang-ulang sampai seluruh baju dan lantai basah kuyup. Aktivitas ini seringkali berhenti karena ibu-ibu cenderung mengomel dan segera dengan sigap membantu anak untuk membuat semuanya serba instant dan praktis.

Mengenalkan konsep jumlah, membandingkan dan mengukur
Dengan sedikit penjelasan dan kesabaran, anak-anak kita dapat juga belajar dasar-dasar matematika, dan sains serta melatih kemampuan mengamati. Berapa sendok susu untuk satu gelas air ?, mana gelas yang penuh dan kosong, bagaimana kalau membantu bunda membuat teh manis? Baru-baru ini anak kami meminta ijin untuk melakukan eksperimen mencampur beberapa bahan seperti susu cair coklat, yoghurt, sirop, jus, gula, agar-agar, butiran coklat, untuk membuat berbagai jenis es yoghurt kesukaannya. Dia dengan antusias menentukan jenis bahan yang dicampur dan mengukur berapa banyak bahan yang harus dimasukkan.

Mengembangkan kemampuan sensorik
Permainan mengaduk dan mencampur ini selanjutnya akan dibawa ke kamar mandi, menyiduk air dengan gayung, mencampur air panas dan air dingin untuk menghasilkan air hangat yang pas untuk mandi pasti mengasyikan. Anak yang lebih kecil akan belajar merasakan perbedaan suhu air. Anak yang lebih besar dapat memperkirakan berapa lama kran airnya harus dibuka, atau jumlah campuran air dingin dan panas. Bila terlalu asyik, anak akan mencampur sabun di bak mandi atau ember dan membuat busa lalu berendam serta meniup-niupnya sampai bosan.

Mengembangkan empati dan kehangatan dalam keluarga.
Kita sering lupa dan kurang dapat merasakan betapa kesenangan sedikit itu dapat membantu kita untuk relaks, dan memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh termasuk otak dan kehidupan kita bahkan sampai kita dewasa kini.
Pasti anda menyesal bila belum pernah merasakan asyiknya main hujan-hujanan, atau perang air dengan slang atau meriam untuk mencuci mobil anda. Cobalah!!

Belajar bersyukur dan melatih kebiasaan yang baik.
Salah satu kebiasaan baik yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini adalah kebiasaan hidup bersih, minimal adalah mencuci tangan sebelum dan setelah makan juga setelah melakukan aktivitas yang membuat tangan dan badan kita kotor.
Kita seharusnya juga bersyukur bahwa negeri kita tergolong subur dan memiliki cadangan air yang besar, karena Indonesia adalah zona hijau dan memiliki cadangan hutan yang paling banyak di dunia. Namun bila kita lupa dan tidak pernah menghargainya, hal itu akan mungkin berakhir pada masa anak-anak kita dewasa.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar